Tags

, , , , , ,

Sebagai seorang wanita, naluri memasak itu pastinya mengalir dong dalam tubuh kita. Se-nggak bisa-bisanya masak, pasti tetep aja kita pengen masak kadang. Sama ama halnya dengan Princess nih, dari dulu sudah hobby banget masak, yah meski ala kadarnya dan gak seenak masakan Chef Marinka, tapi paling enggak nggak bikin sakit perut orang yang makan hehehe.

Kali ini princess bakal membagi resep sederhana khas masakan Bali, yaitu Ayam Betutu, kenapa sederhana, yah karena masakannya ini tanpa perlu adegan panas – panasan, yaitu panggang memanggang. Awalnya resep ini Princess dapaet dari kak Fifta, temen Princess. Tapi tenang saja, sesederhana resep ini, Princess udah trial memasaknya 2x dan rasanya menurut tester, gak kalah kok ama ayam betutu Gilimanuk ( ntah bohong atau tidak haha) ya sudah yuk mari cekidot:

Bahan yang perlu disiapkan:
1 Ekor ayam Kampung ( Agar rasanya lebih gurih)
1/4 kg Cabe rawit
25 btg Serai ( Ambil pangkalnya)
1/4 Ons Terasi
1 Ruas Jahe
1 Ruas Kunyit
1 Ons Lengkuas
1 Sendok Teh Merica
5 Butir Kemiri
5 Lbr daun jeruk
Garam dan gula pasir secukupnya, Penyedap rasa jika berkenan..
 
Cara Membuat:
– Semua bahan yang sudah disiapkan di tumbuk kasar ( atau bisa juga dicincang halus) masukkan bumbunya ke panci, terus direbus dengan 2 liter air. Pastikan ayam terendam setengahnya. bolehlah lebih-lebih dikit.
– Setelah air menyusut, siram dengan setengah gelas minyak kelapa, agar hasil yang dihasilkan mengkilap dan menggugah selera.
– Setelah empuk, bisa deh langsung disajikan dengan kuah yang masih hangat

Nah, gampang kan resepnya?? untuk pelengkap kalian bisa membuat dan menambahkan sambal matah khas Bali, dan juga plecing kangkung. Dan Ayam Betutu siap dihidangkan.
Selamat mencoba ya 🙂

Advertisements