Tags

, , ,

Beberapa minggu yang lalu, saya membantu kakak saya untuk menguru surat pindah tempat dari Malang ke Bali. Yah karena suatu sebab dia menikah makanya dia harus ikut suaminya ( apa maksud dari bahasa ini, sok intelek jadinya vickynisisasi banget 😀 ), dan ternyata untuk mengurus hal yang seperti itu tidak semudah yang saya pikirkan sebelumnya. Sangat mbulet dan ruwet sekali pemirsah.
Yah mungkin kalau dari para sahabat princess ada yang mau pindah tempat, mungkin ini bisa membantu agar sahabat princess tidak perlu bolak-balik seperti saya kemarin hehehe, tapi ini khusus untuk yang pindahnya keluar kota atau keluar pulau ya, soalnya kalau Cuma pindah desa gak perlu sampai kayak gini hehehe.
Berikut yang perlu disiapkan sebelum memulai perjalanan menuju kantor-kantor pemerintahan terkait:
1. Pas Foto berwarna 4 x 6 ( Siapkan 20 lembar, yah sisanya bisa buat kenang – kenangan dengan staff terkait, aktualnya 16 cukup :D)
2. KTP Asli yang masih berlaku, atau udah expired juga gpp khan ntar bisa diperpanjang ditempat baru hehehe, eh tapi jangan lupa difotocopy dulu sebanyak 10 kali yaaa…
3. KK Asli dan difotocopy sebanyak 10 kali juga… ( soalnya nanti setiap yang kita mintain TTD butuh yang namanya Fotocopy KK )
4. Kalau pindah karena menikah pastikan sudah disiapkan Fotocoy Surat Nikah Sebanyak 5 Lembar dikit aja, gak perlu banyak – banyak kan gak mau kampanye 😀
5. Yang terakhir adalah UANG, tanpa ini kalian juga tidak akan bisa menjalankan semua proses selanjutnya, tips: selalu sediakan uang dalam recehan 10ribuan dan 5ribuan yaaa
Nah jika semuanya Sudah Siap, kita tinggal Melangkah menuju Satu persatu departement pemerintahan yang terkait, berikut ceritanya:
1. Datangi Kantor desa atau kelurahan terdekat, Disana temui staff administrasi untuk meminta surat pindah tempat ( Disana nanti kalian akan mendapat Surat pengantar pindah tempat dan SKCK dari kantor desa, disana kalian akan diminta Fotocopy KK, Buku Nikah, KTP dan pas foto 2 lmbar, nah karena udah siap semuanya jadi lancar kan??? :D) untuk biaya administrasi setiap daerah berbeda, tergantung mood staff terkait sih biasanya hehehe. Setalah itu petugas dari kantor desa akan memberikan semua document tersebut didalam amplop dan bralamatkan kantor kecamatan kita, yuk mari selanjutnya.
2. Nah, sudah sampai dikecamatan. Berikan Document tadi ke petugas pindah tempat kecamatan, awalnya akan disuruh bayar 15 ribu, duduk dulu karena pak Camat yang tanda tangan susah ditemui biasanya hehehee… serahkan lagi fotocopy KK dan Foto 2 Lembar…. Setelah tandatangan selesai, kalian akan diberi amplop yang hampir sama dengan yang pertama tadi, Cuma ditujukan ke Koramil ( ini untuk SKCK ) untuk surat pindah kalian harus mencopy dulu 2x dan akan diberi legalisir sebelum berlanjut ke kapolsek dan Kantor catatan sipil. Yuk capcus…
3. Dikoramil, cuman nyerahin 1 foto aja, tunggu sebentar, bayar 10 ribu… diberi amplop lagi, lalu berjalanlah kelamat yang dituliskan diamplop oleh pak koramil yaitu Kaploksek, eh Kapolsek maksudnya.
4. Di Kapolsek, SKCK akan ditandatangani untuk Final nih, sebelum diberi surat ke Kapolres, nanti kita disuruh untuk ngisi form dulu hehehe, form tidak pernah melakukan tindak kejahatan, kalau kita orang baik pasti tidak ada kejahatan 😀
5. Selanjutnya sebelum kita ke catatan sipil, pastikan kita sudah dapat SKCK dari Kapolres setempat, ini penting karena tanpa ini semua berkas yang sudah kita sipakan tadi akan dikembalikan.
6. SKCK dari kapolres asli + 1lbr FC, KK Asli dan 2 lmbar Fotocopy, KTP Asli + 2lbr Foto Copy, FC akta Nikah, Surat pengantar dari Kecamatan, Foto 5 lembar dan pastikan membeli Form pengajuan Surat pindah dan pembuatan KK baru di Loket depan Catatan sipil. Jika semua berkas sudah lengkap, serahkan ke staff pengurus pindah tempat. Diverifikasi, diberi tanda bukti pengambilan dan selesai tinggal menunggu 5 Hari kemudian deh.

Nah itu dia tata urutannya, kalau dibaca sih gak terlalu rumit, tapi asli kalau dijalani rasanya nyesek banget…. Karena harus bolak-balik awalnya 
Semoga bisa membantu yaa 😀

Advertisements