Peyek Crispy Cetar

Tags

, , , , , , ,

Baru baru ini lagi ngehitz banget guys bisnisnya si princess maju mundur syantikk.. apalagi kalau bukan peyek cetar. Gak nyangka keluarga artis sekelas mereka bisnis nya bisa jualan sekelas peyek. Tapi tentunya peyek buatan mereka harganya secetar namanya ya.

Nah wiken ini makanya iseng iseng bikin peyek dengan resep andalan Mbah buk, dari segi rupa dan rasa insyaallah gak kalah cetarnya kayaknya sih hehehe.. apalagi nikmatin peyeknya pakai Sego jagung, kayak lagu dangdut itu ” iwak peyek..iwak peyek.. iwak peyek Sego jagung” yowes sampun basa basinya cuz kepoin bahan bahanya ya.

Bahan :

10 sdm tepung beras

2 sendok tepung terigu

2 sendok tepung tapioka

3 siung bawang putih

1 SDM ketumbar bubuk

1 sdt kunyit bubuk

3 lembar daun jeruk (1 diulek yang 2 di iris tipis memanjang

1 butir telur

Garam secukupnya

Penyedap rasa sesuai selera ya

Air secukupnya

1 ons teri kecil

1 ons kacang ( untuk isian sesuai selera ya boleh pakai ebi)

Cara membuat:

– Haluskan bawang putih, ketumbar, kunyit dan 1 lembar daun jeruk.

-campur air dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi kedalam baskom yang agak besar kemudian masukin tepung nya satu persatu aduk hingga rata dengan kekentalan cukup encer saja kemudian masukin telurnya. Setelah rata masukan garam, daun jeruk yang sudah diiris tipis-tipis tadi. Koreksi rasa.

– untuk isian boleh salah satunya aja, kacang atau teri aja. Kali ini saya pakai 22nya tak mix hehe biar adil.

– goreng dalam minyak yang panas dengan api sedang

– resep ini untuk 1 toples segini ya

Dan untuk penampakan peyeknya seperti ini

Krispi, dan manis banget kan warnanya ya. Dan yang pastinya gak kalah cetarnya hihihi.

Advertisements

Anak-anak dan Imajinasinya

Tags

, , , ,

Pagi ini meski sudah berlelah-lehan dengan sederetan pekerjaan rumah masih harus menemani si kakak untuk menjadi kartun kesukaan dia. Si kakak menjadi Jojo, adek menjadi Didi, mama jadi Nanan dan si ayah harus rela jadi pak Atan. nah udah tau belum kira kira kartun apa yang kita perankan??

Hayo katakan dengan keras… Katakan sekali lagi iya kalian benar kita harus menjadi karakter kartun Didi and Friends. Bagi yang masih kurang itu ini dia fotonya ya.

Ini dia, jadi si kakak seolah olah jadi si Jojo ( ayam yang pakai kacamata berbaju hijau) dan kita gak boleh manggil selain nama nama di karakter tersebut.

Ini kartun berasal dari Malaysia, karena isinya bagus maka memang saya perbolehkan kakak nonton ini dan Ipin Upin. Rekomendasi buat ibu ibu daripada menonton kartun yang aneh aneh.

Lah jadi nglantur kemana-mana hihihi,padahal maunya tadi bahas soal imajinasi.

Mengembangkan imajinasi anak adalah merupakan upaya anak untuk menstimulasi, menumbuhkan dan meningkatkan potensi kecerdasan juga kreativitasnya di masa pertumbuhannya. Imajinasi anak berkembang seiring dengan berkembangnya kemampuan ia berbicara dan berbahasa. Seperti bermain, dunia imajinasi juga merupakan dunia yang sangat dekat dengan dunia anak anak. Maka dari itu biarkan anak anak kita berimajinasi ya.

Sebagai orang tua terkadang kita harus ikut dalam imajinasi nya. Meski terkadang kelihatan konyol dalam dunia orang dewasa ya.

Jadi… Apa imajinasi kakak kakak dan adek adek disana hari ini?? Sama Ama kakak Wizha nggak?

Resep Sup Ikan sederhana ala Anak kost

Tags

, , , , , ,

Sudah semingguan ini menu makanan itu itu aja, ayam digoreng plus sambal, atau ayam kecap. Rasa rasanya lidah bosan ama ayam. Makanya hari ini nyoba bikin sup ikan aja, yang mudah dan simple tapi hasil rasa dan baunya tetep sedap (menurut saya dan suami sih enak ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ)

Oke baiklah mari kita mulai siapkan bahan-bahanya:

Ikan laut ( boleh apa aja, saya pakai kakap kecil) 250gr

3 Siung bawang merah

3 Siung bawang putih

1 serai

2 cm jahe memarkan

1/2 sdt kunyit bubuk

Cabe rawit secukupkm

1bh tomat potong dadu

1 bh jeruk nipis

Aer

Garam, dan penyedap rasa sesuai selera

Sekarang eksekusinya ya:

1. Mula-mula bersihkan ikan, potong jadi 2, dan kucurkm aer jeruk nipis diamkan sebentar untuk menghilangkan bau amis

2. Bawang merah, bawang putih bisa dihaluskan, brhbung biar cepet saya cincang kecil aja tumis ampek matang ya. Masukkan aer biarkan mendidih

3. Masukkan ikan yang sudah dicuci dan drendam jeruk tadi kedalam aer yang mendidih… selanjutnya masukkan serai, jahe dan cabai tadi.

4. Setelah ikan setengah matang masukkan tomat dan gram plus penyedap rasa.

5. Biarkan ikan matang dan bumbu meresap, dan siap disajikan…

Bisa untuk 2 porsi ya, cuma 30menit. Hihihi so cepat dan gampang. Apalagi buat anak kost macam sya yang punya bayi.

Dan taraaattt inj penampakanny ya 

Setahunan bayi ala Jawa

Tags

, , , , , , ,

Alhamdulilah, secara jawa hari ini Wizha uda genap usianya 1 tahun. Tapi secara tanggal masehi masih kurang 15 hari lagi.

Mungkin terdengar aneh bagi kaum modern, eh bukan hanya itu bagi ayahnya si Incess pun masih aneh. Mosok belum setahun uda di setahunin. Maklum Ayahnya orang Bali, hihi banyak bingit yang ga sama dan gak sinkron adatnya๐Ÿ˜‚.

Untung saja pas sepasar, selapan, tiga bulanan dan 7bulanan ayahnya gak tau, soalnya semua itu dilakukan di Jawa, mbah buknya yg melakukan semua ritualnya. Bisa shock kalau tau hihihi.

Ni tadi habis didoain ama mbah kung, budhe nya langsung kirim gambar. Belum lagi amongamongnya, hihi terkadang lucu emang kok ya ada aja yang kayak gini.
Tapi diyakini karena si Incess lahir di Jawa ya harus ikut tradisi di Jawa sak segala macemnya, tapi ini wes terakhir katanya,๐Ÿ˜‚ hbis ini cuma silahkan ulangtahun biasa aja. Ya sebagaimana dimana langit dipijak, disitu langit dijunjung. Akhirnya kami ikuti aja. 

Doa buat incess makin pinter, makin sehat, soleha dan cepet jalan ya nak… kami semua mencintaimu.

Sudahkah kita menelpon ibu hari ini??

Tags

, , , , , , ,

Sekilas dari judul mungkin mirip dan hampir sama dengan artikel yang sempat seliweran bulan lalu saat hari ibu, tapi saya pastikan isinya gak sama soalnya saya juga gak baca sih apa hehe.

Ini saya tulis karena apa yang dirasakan dan dikatakan bunda kemarin sore.

Menjadi seorang anak gadis yang sudah menikah, dan ikut suami. Pastilah membuat seorang ibu merasa sedih, merasa anak mereka diambil, merasa kehilangan dan lagi merasa tak diperhatikan lagi oleh anaknya dan merasa anaknya lebih mementingkan keluarganya yang baru.
Hal wajar yang dirasakan setiap ibu, mereka merasa cemburu dengan keadaan ini. Dan terkadang itu masih juga dirasakan oleh ibu terhadap kami anak anaknya.
Terlebih lagi kami jauh, berbeda pulau dimana kita jarang bisa pulang, hanya lewat telepon bisa berkomunikasi dan berjumpa hampir setahun sekali menjelang lebaran.
Ternyata memberi kabar kepada ibu dengan menelponya itu suatu kebahagiaan yang luar biasa bagi seorang ibu selain kita memberikan materi terhadap beliau, setidaknya itu yang beliau katakan. Apalagi dengan mendengar ocehan cucunya ketika menelpon itu suatu obat atau moodboster banget loh ( eh bener gak tulisanya ๐Ÿ˜€ )
Kemarin kebetulan libur tahun baru, karena suami dirumah makanya saya tidak bisa telepon bunda dirumah, karena musti keluar jalan atau bergotong royong bersih bersih rumah gantian menjaga anak.
Hampir setiap hari saya menelpon bunda, meski kadang hanya 5 atau 10 menit. Tanggal 31 saya sempet telpon meski sebentar, mengatakan kalau kami tidak akan keluar kemana mana agar beliau tidak khawatir, apalagi dengan khabar teror bom yang beberapa hari ini tersiar di televisi, bunda khawatir kalau anaknya keluar rumah, ada bom ( dan sekali lagi saya paham ketakutan beliau) meski kadang saya anggap agak lebay๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ .
Tanggal 1 nya saya sibuk dengan pekerjaan rumah sorenya karena anak BT akhirnya kami keluar jalan-jalan dan gak sempet telepon beliau.
Tanggal 2 nya pagi saya telpon bunda, karena saya mimpi beliau marah marah terhadap saya, dan benar setelah salam langsunglah sang ibunda menegur.
“Kirain udah lupa ama bunda, kalau suami libur gak mau telpon ya, semua gak ada yang telpon anak-anak ibu” kurang lebih begitu.
Hahaha saya langsung tertawa, ya Allah baru juga sehari ndak telpon sudah begitunya bunda ini, kayak yang 2 minggu gak telpon.
Bunda tertawa dan bilang kalau rasanya udah lama ga telepon, dan sebagai gantinya saya telepon beliau kemarin selama 2 jam… Biar puas juga dengerin cucunua ngoceh-ngoceh gak jelas.
Nah gaes..
Jangan lupa ya buat yang sudah menikah, atau yang merantau jauh dari orangtua, atau keduanya sempetin telepon ibu dirumah ya meski cuma sebentar saja.
Alhamdulilah kita masih diberi kesempatan untuk menikmati kasih sayang beliau, banyak temen-temen kita yang sudah dtinggalkan ibundanya gak bisa mendengar suata beliau.
Jadi sudahkah kita menelpon bunda, ibu atau mama kita hari ini?